Bagaimana sih caranya: Memperbaiki Shortcut Overlay Windows?

Question:

Saya mau tanya bagaimana cara mengatasi gambar yang di depan shortcut pada desktop seperti yang saya kirim pada gambar di bawah ini?
Mengatasi gambar yang di depan shortcut

–via e-mail

Answer:

Sepertinya, ada masalah dengan konfigurasi shortcut pada komputer Anda. Biasanya hal ini bisa dilakukan melalui tool seperti TweakUI, TuneUp Utilities atau utilitas lainnya. Konfigurasi shortcut yang dimaksud adalah “Shortcut Overlay“, yang ternyata pada sistem Windows yang Anda gunakan justru tidak ditemukan (salah konfigurasinya atau berkas icon yang dituju ternyata mengalami kegagalan untuk dimuat oleh sistem—biasanya hal ini terjadi karena kurang memori atau shell icon cache yang mengalami kerusakan).

Secara default, shortcut overlay yang digunakan oleh Windows adalah tanda panah “shortcut”. Namun, kita juga bisa mengubahnya dengan menyunting registry (beberapa utilitas sebenarnya mengubah nilai ini menjadi yang kita inginkan). Konfigurasinya ada di registry Windows dengan alamat di:
HKEY_LOCAL_MACHINE\
  Software\
    Microsoft\
      Windows\
        CurrentVersion\
            Explorer\
              Shell Icons
,
nah di sana ada entri namanya “29” (tanpa tanda kutip) bertipe data String. Hapus saja entri tersebut dan restart komputer yang Anda gunakan—hal ini dikarenakan kita menyunting hive yang berada di HKLM. Atau, bisa juga Anda menggunakan berkas registry yang sudah saya impor.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *