Bagaimana Sih Caranya: Mengaktifkan AMD Catalyst Control Center dalam Windows Server 2008 R2 dan 2012

Question:

Demi pekerjaan rendering 3D, Saya menggunakan sistem operasi Microsoft Windows Server 2008 R2 sebagai workstation kerja saya, mengingat saya menggunakan workstation dual-socket processor, yang tidak didukung Windows 7. Sebagai pelengkap, saya menggunakan 3 kartu GPU AMD Radeon 7950 dalam modus Crossfire. Namun sayangnya, beberapa fitur  justru tidak dapat digunakan, sebab AMD Catalyst Control Center melaporkan bahwa perangkat keras yang saya gunakan tidak didukung. Padahal, saya sudah menggunakan driver yang paling baru. Tolong bantu saya bagaimana cara mengaktifkan GPU saya di Windows Server 2008 R2, sebab sekarang saya hanya menggunakan prosesor saja tanpa akselerasi dari GPU. Terima kasih.

via e-mail.

AMD-Graphics-Workaround-00

Answer

AMD Catalyst Control Center memang memiliki sebuah keluhan yang banyak dirasakan oleh pengguna, salah satunya adalah dukungan terhadap Windows Server. Well, sebenarnya, perangkat GPU masih didukung oleh driver, hanya saja, ada beberapa yang justru dinonaktifkan oleh AMD dikarenakan kemungkinan nanti ada masalah stabilitas dan kompatibilitas yang justru harus ditingkatkan untuk platform server. Yang jelas, mereka juga nggak mau pangsa pasar AMD FirePro dimakan sama versi gaming-nya.

AMD-Graphics-Workaround-001

So, bagaimana cara kita mengaktifkannya? Tentu saja dengan menggunakan registry editor untuk menyunting registry:

1. Buka Registry Editor dengan menjalankan “Regedit.exe” atau “Regedt32.exe” dari menu Run.

2. Buka kunci “HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Video“, dan di sana ada beberapa subkey yang berisi GUID (Globally Unique Identifier) untuk GPU yang Anda gunakan. Silakan lihat satu per satu GUID tersebut. Pada sistem sampel yang saya gunakan (AMD Radeon 4250 onboard dari motherboard 880G), adanya di key “{387D92CB-A328-4868-B5C5-0592788F0A7D}“. Pada sistem Anda jelas berbeda dari saya, karena ini adalah GUID.

3. Silakan lihat subkey “0000“, dan cari entri Acceleration.Level, bertipe DWORD. Bila nilainya 4, 3, 2, atau 1, ganti dengan 0.

AMD-Graphics-Workaround-01

4. Restart Workstation Anda. Pada sistem sampel yang saya gunakan, AMD Catalyst Control Center pun dapat mendeteksi GPU kembali.

AMD-Graphics-Workaround-002

Semoga membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *