Gimana sih Caranya: Mengizinkan PING ke komputer

Windows Firewall memang sudah ada sejak Windows XP Service Pack 2, namun keberadaannya serasa “tak dirasakan”. Namun, kadang-kadang Windows Firewall jugalah yang sebenarnya memproteksi Windows dari beberapa kerjaan yang kurang baik dari orang yang kurang baik. Salah satunya adalah PING yang selalu gagal.

Kenapa hal itu terjadi? Secara default, Windows Firewall yang ada di dalam Windows XP Service Pack 2 ke atas itu memblokir semua lalu lintas data ICMP (Internet Control Message Protocol), sehingga segala sesuatu yang menggunakan ICMP akan di-drop begitu saja. Ini mencakup echo request yang digunakan oleh utilitas ping, yang biasa digunakan oleh para administrator untuk melakukan troubleshooting apakah sebuah host menyala/merespons atau tidak. Tidak bisa menerima echo request, ya jelas saja membuat troubleshooting makin ribet.

Perintah Ping pada server yang masih menolak Echo Request

Lalu, gimana caranya agar Windows kita bisa menerima PING dari host lainnya? Dalam artikel ini, kami akan membeberkan caranya agar Windows dapat merespons perintah PING yang diajukan klien.

Mungkin, bagi yang nggak sabaran mah bilang “kenapa gak dibunuh saja tuh Windows Firewall-nya?”. Buat kami sih, mematikan Windows Firewall justru salah banget, meski Windows Firewall merupakan alat bantu yang sangat dasar sekali sebagai perlindungan komputer. Yang akan kita lakukan sebenarnya adalah mengizinkan yang kita butuhkan saja, dengan tetap menyalakan Firewall…

Caranya:

1. Buka Windows Firewall with Advanced Security di Control Panel\Administrative Tools.

2. Buka Inbound Rules, dan cari di sana “File and printer Sharing (Echo Request – ICMPv4-In)”. Bila Anda menggunakan IPv6, ya gunakan versi ICMPv6 ya…

3. Klik kanan di sana, dan pilih Enable Rule pada menu konteks yang keluar.
Cara mengaktifkan perintah PING

4. You’re done. Silakan coba saja lakukan ping ke alamat server/host yang dimaksud, dan voila, server pun menerimanya. Hehe.
Perintah Ping pada server yang sudah menerima Echo Request

Selamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *