Bagaimana Sih Caranya: Mengaktifkan AMD Catalyst Control Center dalam Windows Server 2008 R2 dan 2012

Question:

Demi pekerjaan rendering 3D, Saya menggunakan sistem operasi Microsoft Windows Server 2008 R2 sebagai workstation kerja saya, mengingat saya menggunakan workstation dual-socket processor, yang tidak didukung Windows 7. Sebagai pelengkap, saya menggunakan 3 kartu GPU AMD Radeon 7950 dalam modus Crossfire. Namun sayangnya, beberapa fitur  justru tidak dapat digunakan, sebab AMD Catalyst Control Center melaporkan bahwa perangkat keras yang saya gunakan tidak didukung. Padahal, saya sudah menggunakan driver yang paling baru. Tolong bantu saya bagaimana cara mengaktifkan GPU saya di Windows Server 2008 R2, sebab sekarang saya hanya menggunakan prosesor saja tanpa akselerasi dari GPU. Terima kasih.

via e-mail.

AMD-Graphics-Workaround-00

Answer

AMD Catalyst Control Center memang memiliki sebuah keluhan yang banyak dirasakan oleh pengguna, salah satunya adalah dukungan terhadap Windows Server. Well, sebenarnya, perangkat GPU masih didukung oleh driver, hanya saja, ada beberapa yang justru dinonaktifkan oleh AMD dikarenakan kemungkinan nanti ada masalah stabilitas dan kompatibilitas yang justru harus ditingkatkan untuk platform server. Yang jelas, mereka juga nggak mau pangsa pasar AMD FirePro dimakan sama versi gaming-nya.

AMD-Graphics-Workaround-001

So, bagaimana cara kita mengaktifkannya? Tentu saja dengan menggunakan registry editor untuk menyunting registry:

1. Buka Registry Editor dengan menjalankan “Regedit.exe” atau “Regedt32.exe” dari menu Run.

2. Buka kunci “HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Video“, dan di sana ada beberapa subkey yang berisi GUID (Globally Unique Identifier) untuk GPU yang Anda gunakan. Silakan lihat satu per satu GUID tersebut. Pada sistem sampel yang saya gunakan (AMD Radeon 4250 onboard dari motherboard 880G), adanya di key “{387D92CB-A328-4868-B5C5-0592788F0A7D}“. Pada sistem Anda jelas berbeda dari saya, karena ini adalah GUID.

3. Silakan lihat subkey “0000“, dan cari entri Acceleration.Level, bertipe DWORD. Bila nilainya 4, 3, 2, atau 1, ganti dengan 0.

AMD-Graphics-Workaround-01

4. Restart Workstation Anda. Pada sistem sampel yang saya gunakan, AMD Catalyst Control Center pun dapat mendeteksi GPU kembali.

AMD-Graphics-Workaround-002

Semoga membantu

Kenapa sih: Aplikasi Windows Store nggak jalan sebagai Administrator?

Question:

Saya baru saja menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 8. Seperti biasa, saya mengaktifkan account Administrator yang biasanya dimatikan oleh Windows, dan tentu saja saya beri password demi keamanan. Namun, ada yang aneh dengan Windows 8 yang saya gunakan, aplikasi Metro nggak bisa dijalanankan sebagai administrator, padahal seorang administrator jelas “dewa”-nya komputer berbasis Windows. Kenapa hal ini bisa terjadi? Terima kasih jawabannya.

Answer:

Alasannya sederhana: keamanan. Dan, seperti yang Anda duga, hal ini disebabkan oleh User Account Control.

Memang aplikasi Windows Store atau dulu dikenal sebagai Metro, telah menggunakan metode sandboxing untuk meningkatkan keamanan, tapi para desainer Microsoft mungkin merasakan bahwa Administrator tidak perlu melakukan login untuk menjalankan aplikasi Windows Store. Bagi beberapa orang, hal ini menjengkelkan, khususnya bagi mereka yang menggunakan Windows Server 2012—versi Server untuk Windows 8.

Namun, solusinya pun ada, yakni Anda harus menyunting registry Windows Anda.

1. Jalankan Registry Editor dengan mengetikkan “regedit.exe” pada kotak dialog Run (dapat diraih menggunakan kombinasi tombol Windows + R.

2. Pada jendela Registry Editor, buka node
HKEY_LOCAL_MACHINE\
  SOFTWARE\
    Microsoft\
      Windows\
        CurrentVersion\
          Policies\
            System

3. Ganti value “FilterAdministratorToken” dari 0 menjadi 1, dan restart komputer Anda.

4. Aplikasi Windows Store pun akan dapat berjalan di Windows 8/Windows Server 2012 sebagai Administrator.

Semoga membantu. icon smile Kenapa sih: Aplikasi Windows Store nggak jalan sebagai Administrator?

Pranala luar:
http://msdn.microsoft.com/en-us/library/cc232760.aspx

Bagaimana sih caranya: Memperbaiki Shortcut Overlay Windows?

Question:

Saya mau tanya bagaimana cara mengatasi gambar yang di depan shortcut pada desktop seperti yang saya kirim pada gambar di bawah ini?
Mengatasi gambar yang di depan shortcut

–via e-mail

Answer:

Sepertinya, ada masalah dengan konfigurasi shortcut pada komputer Anda. Biasanya hal ini bisa dilakukan melalui tool seperti TweakUI, TuneUp Utilities atau utilitas lainnya. Konfigurasi shortcut yang dimaksud adalah “Shortcut Overlay“, yang ternyata pada sistem Windows yang Anda gunakan justru tidak ditemukan (salah konfigurasinya atau berkas icon yang dituju ternyata mengalami kegagalan untuk dimuat oleh sistem—biasanya hal ini terjadi karena kurang memori atau shell icon cache yang mengalami kerusakan).

Secara default, shortcut overlay yang digunakan oleh Windows adalah tanda panah “shortcut”. Namun, kita juga bisa mengubahnya dengan menyunting registry (beberapa utilitas sebenarnya mengubah nilai ini menjadi yang kita inginkan). Konfigurasinya ada di registry Windows dengan alamat di:
HKEY_LOCAL_MACHINE\
  Software\
    Microsoft\
      Windows\
        CurrentVersion\
            Explorer\
              Shell Icons
,
nah di sana ada entri namanya “29” (tanpa tanda kutip) bertipe data String. Hapus saja entri tersebut dan restart komputer yang Anda gunakan—hal ini dikarenakan kita menyunting hive yang berada di HKLM. Atau, bisa juga Anda menggunakan berkas registry yang sudah saya impor.

Semoga membantu.